Kamis, 03 Oktober 2013

MGMP IPA SMPN 3 GUNUNG MERIAH MELAKSANAKAN BIMTEK PENINGKATAN KARIR PTK


 SINGKIL – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Singkil, H. Yusfit Helmy, S.Pd yang diwakili oleh Kabid. Sekolah Dasar dan Lanjutan, H. Aslinuddin, S.Pd. membuka secara resmi Kegiatan Bimtek Peningkatan Karir PTK MGMP IPA SMPN 3 Gunung Meriah di SMP Negeri 3 Gunung Meriah (Sekolah Standar Nasional) pada Kamis, 3 Oktober 2013. Dalam arahannya Kepala Dinas  Pendidikan menyatakan bahwa mutu pendidikan tidak mungkin bisa ditingkatkan jika profesionalisme gurunya masih rendah, untuk itu guru perlu mengikuti berbagai kegiatan dalam rangka peningkatan kompetensi dan profesionalismenya.

Memang untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Singkil kegiatan pelatihan guru sangat minim, hal ini disebabkan karena hampir 17% dari APBK untuk pendidikan terserap hanya untuk membayar gaji guru (PNS). Namun demikian selaku guru wajib menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.

Disamping itu, Kepala Dinas berpesan kepada peserta MGMP IPA SMPN 3 Gunung Meriah, untuk pro-aktif menjalankan berbagai kegiatan dengan cara mengajukan proposal KKG-MGMP kepada Kemendikbud, “Kegiatan Pelatihan bagi guru, kita saat ini hanya dapat mengandalkan bantuan dana dari Provinsi dan Pusat, untuk itu kelompok MGMP ini harus terus eksis dengan mengajukan berbagai kegiatan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta”. Demikian pungkas H. Aslinuddin, S.Pd.

Kegiatan Bimtek Peningkatan Karir PTK MGMP IPA SMPN 3 Gunung Meriah Tahun 2013 ini bertema Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Mengelola Pembelajaran dan Pemenuhan Angka Kredit yang bertujuan sebagaimana diutarakan oleh ketua pelaksana, Tarjudin, S.Pd adalah untuk menjaga dan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru  yang dibuktikan melalui perubahan perilaku, kretivitas, dan inovatif dalam pengembangan karir; meningkatkan kemampuan guru dalam memenuhi angka kredit yang diwajibkan dalam kenaikan pangkat, golongan, ruang dan jabatan fungsional guru; meningkatkan keberdayaan MGMP; meningkatkan frekuensi, intensitas dan kebermaknaan saling tukar menukar pikiran dan pengalaman antar anggota MGMP.

Dalam kegiatan ini peserta akan di suguhkan mengenai konsep kurikulum 2013, penilaian kinerja guru, pengintegrasian TIK dalam pembelajaran, penerapan PAIKEM dalam pembelajaran IPA, profesionalisme guru dalam mengelola pembelajaran, model-model pembelajaran efektif, penelitian tindakan kelas, dan penulisan artikel ilmiah.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta dari SMP/MTs Negeri dan Swasta dalam Kecamatan Gunung Meriah, yaitu SMPN 1 Gunung Meriah, SMPN 2 Gunung Meriah, SMPN 3 Gunung Meriah, SMPN 4 Gunung Meriah, SMPN 5 Gunung Meriah, SMP Darul Muta’allimin, SMP Muhammadiyah dan MTs Muhammadiyah, yang berlangsung dari tanggal 3 Oktober s.d 5 Nopember 2013 mendatang.

Dalam laporannya ketua pelaksana, Tarjudin, S.Pd, mengharapkan kepada peserta supaya dapat mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan serius  dan penuh perhatian, agar nantinya ilmu yang didapatkan bisa dibiaskan kepada guru-guru yang lain di sekolah masing-masing.(admin)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar